Thursday, March 29, 2018

Proyek Normalisasai KBT Di Semarang Diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo


Belakangan ini Semarang sering terjadi masalah dengan banjir, masalah serius ini membuat ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah memutar otak. Bagaimana cara supaya banjir dapat di tanggulangi di kota Semarang. Banjir yang sangat parah terjadi di daerah kaligawe Semarang yang kerp kali terjadi pada saat terjadi hujan lebat. Terkadang juga banjir tidak perlu menunggu hujan karena kaligawe sering terkena rob.
Untuk dapat mengatasi hal tersebut,  ganjar resmikan proyek normaliasasi KBT atau Kanal Banjir Timur. Sungai tersebut merupakan salah satu sungai induk yang mana bermuara langsung ke laut lepas. Ketika air laut naik maka sungai tersebut ikut naik. Untuk itu perlu di normalisasikan.
Peletakan batu pertama atua ground breaking untuk proyek pengendalian banjir senilai Rp 485 miliar ini dilakukan di Kelurahan Sawahbesar, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jumat (5/1/2018).
“(Normalisasi) ini bisa mengendalikan banjir. Ini juga sudah terintegrasi, termasuk penanganan rob. Jadi rob di Kaligawe juga akan berhenti,” kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Perkirakan Normalisasi Tahap 1

Proyek normalisasi sungai KBT  yang diresmikan oleh Ganjar Pranowo gubernur Jawa Tengah dilakukan di sepanjang 14,6 kilometer. Proyek normalieasai tahap satu yang dimulai dari Bendungan Pucanggading hingga muara sungai. Dalam tahap I, normalisasi dilakukan dari muara hingga Jembatan Majapahit sepanjang 6,7 km yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2020.
Normalisasi dilakukan supaya debit air dapdat meningkat hingga 260 meter kubik sehingga daya tampung air dapat lebih banyak dan banjir kaligawe juga dapat teratasi.
Ganjar Pranowo menyediakna rumah susun untuk warga yang tinggal di bantaran sungai sehingga aktivitas normalisasi tidak akan menggangu aktivitas.

Gubernur Jawa Tengah Memberikan Sosialiasi Kebersihan

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sosialisasi kepada warga Semarang untuk menghimbau membuang sampah di sungai.
“Saya minta agar sosialisasi perilaku hidup bersih, membuang sampah, ya bareng-bareng belajar, dari membuang jadi pengelola sampah. Dulu di kaki lima berjualan ilegal, nanti bisa menjadi legal menjadi pengusaha kuliner,” paparnya.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan proyek normalisasi KBT guna mengatasi masalah banjir menahun pada kota Semarang.

http://regional.kompas.com/read/2018/01/05/19320071/gubernur-ganjar-resmikan-proyek-normalisasi-kbt-di-semarang

Related Posts

Proyek Normalisasai KBT Di Semarang Diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
4/ 5
Oleh