Friday, March 2, 2018

Meskipun Sedang Kampanye Bagi Ganjar Bekerja Adalah Hal Utama


Pada hari pertama kampanye, Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memilih tetap bekerja dibanding mendulang dukungan. Dia mengunjungi sejumlah pusat usaha rakyat dan menerima pengaduan masyarakat.

Ganjar meninjau biohidrolis Kapal Selam di Langse, Banyuurip, Margorejo, Pati, Kamis (15/2) lalu. Kedatangannya disambut ratusan warga. Sejumlah orang masih memanggilnya dengan sebutan Gubernur Jawa Tengah. “Nyuwun foto pak gub,” kata salah satu perempuan.

Menurut Ganjar, biohidrolis Kapal Selam karya Sobri itu adalah format kesinambungan dalam dunia pertanian. Diawali dari pemanfaatan limbah dan kotoran hewan, kemudian difermentasi hingga menghasilkan gas yang berguna sebagai sumber daya.

“Ini kan teknologi sederhana yang dimodifikasi tapi manfaatnya amat besar. Bisa untuk menarik air di lahan kritis, dapat untuk gas masak, dan daya lain,” jelasnya.
a
Ganjar juga terpukau dengan traktor karya warga Pati yang didesain khusus agar dapat sekaligus mengontrol sistem irigasi di lahan pertanian. Dengan sistem hal yang demikian, maka benih serta tanah tidak akan terbawa air kala hujan deras.

“Ini segera saya Vlog, biar seluruh tahu dan dapat menjadi pandangan baru bagi petani di tempat lain. Semacam sistem kampanye zaman now, masak masih dengan sistem-sistem zaman old,” tegasnya.

Kreatif dan modernisasi pertanian adalah salah satu program yang akan dibawa Ganjar pada rentang waktu kedua kepemimpinannya. Karenanya salah satu perhatiannya saat ini adalah mengunjungi pusat usaha pertanian rakyat yang berhasil, untuk diciptakan percontohan bagi tempat lain.

“Untuk apa kita mengikuti dari luar bila masyarakat kita sendiri mempunyai temuan bagus-bagus, salah satunya di Pati ini. Saya kumpulkan dan akan saya kembangkan di tempat lain,” katanya.

Sementara Sobri mengatakan biohidrolis Kapal Selam dipakai di dua titik. “Pertama dipakai sejak tiga tahun lalu dan cakap menghiduplan lahan 10 hektare. Sementara yang di sini adalah pengembangannya, baru tiga bulan dengan lahan seluas satu hektare,” paparnya. Tanaman yang ada di lahan hal yang demikian di antaranya ketela, jagung, cabai.

Dengan teori Kapal Selam, lanjutnya, petani tidak perlu kuatir kekurangan air karena daya tenaganya cakap mengangkat air dari kedalaman 70 meter. Kecuali itu, kemampuan listriknya juga mumpuni, malah dapat dipakai untuk kesibukan panggung seni dan perayaan panen raya.

Kedatangan Ganjar juga disambut ratusan relawan Dulur Ganjar Pati (DGP). Ganjar mengatakan Dulur Ganjar adalah kelompok sosial yang ada sejak 2013, saat pertama kali mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Tengah. “Dulur Ganjar itu sudah ada sejak 2013. Dan sejak berdiri hingga saat ini terus bergerak dan berkarya dalam seluruh bidang, termasuk di pertanian ini,” ujarnya.

Kecuali itu, malam harinya, Ganjar menghadiri Perayaan Tahun Ketentraman Imlek di Gedung Balai  Lasem, Rembang. Kemudian Ganjar menginap di rumah warga yang ada di sekitar Makam RA Kartini.

Related Posts

Meskipun Sedang Kampanye Bagi Ganjar Bekerja Adalah Hal Utama
4/ 5
Oleh